Tuang Cerita

Secangkir Hangat Cerita Ibu Muda

Tips Dasar Food Photography dengan HP untuk Pemula

Tips Dasar Food Photography dengan HP untuk Pemula

Semenjak saya suka mencoba resep masakan, saya juga jadi suka food photography. Apa sih food photography itu?

Food photography adalah seni memotret makanan. Uwooow..memotret makanan aja ada seni nya ya? Eits..jangan salah, kalo kamu ahli di bidang ini, kamu bisa juga dapat penghasilan dari sini lho 😎

Nah berhubung saya belum punya Kamera DSLR (bener nggak ya tulisannya?), saya hanya memotret dari HP. Doakan ya semoga suatu saat saya bisa membeli kamera DSLR Aamiin..

Sebenarnya saya juga belum terlalu jago memotret dengan HP, masih benar-benar pemula. Tetapi kalo dilihat-lihat, hasilnya lumayan lah ya (kasihan ya muji diri sendiri 😂). Dari hasil belajar otodidak saya selama ini, saya mendapatkan beberapa tips sebagai berikut :

1. Pastikan memiliki HP dengan kamera yang tinggi pixel-nya (iya lah), kalo bisa gunakan HP yang memiliki keunggulan di kamera. Kalo saya, pakai merk V*vo dan hasilnya bagus. HP merk O*po juga menurut saya bagus untuk kamera nya.

Selain itu pastikan juga tidak ada kotoran atau goresan di lensa kamera, karena itu dapat menyebabkan hasil foto menjadi kurang bagus.

2. Meurut saya, sebaik-baiknya cahaya pemotretan berasal dari matahari. Lakukan pemotretan di pagi atau sore hari saat cahaya matahari bersinar tidak terlalu terik dan di luar ruangan (misal di teras) atau di dekat jendela. Jika cahayanya terik seperti siang hari, maka foto yang dihasilkan akan menjadi kurang jernih. Ini adalah contoh foto masakan saya yang kurang cahaya. Jangan ditiru ya.

3. Mainkan paduan warna. Jika makanan berwarna gelap, sebaiknya makanan diletakkan di wadah yang berwarna terang. Begitu pun sebaliknya. Contohnya seperti ini.

4. Foto dengan jarak yang dekat. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Contohnya, dalam foto dibawah ini terlihat titik-titik hitam yang menunjukkan black pepper, ada juga paprika hijau, bawang bombay, dll

Tetapi untuk foto kue atau kukis, biasanya diambil dari jarak sedikit jauh yang memuat beberapa buah kue, sehingga penampilan terlihat lebih cantik. Contoh yang saya ambil ini adalah dari cookpad Tintin Rayner. Menurut saya, foto-foto yang diambil ci Tintin sangat bagus. Foto-foto lainnya dapat dilihat di cookpad beliau di https://cookpad.com/id/pengguna/2668114

5. Pengambilan foto biasanya dilakukan dari atas. Jika ada yang ingin diblur atau difokuskan, lakukan seperlunya. Proses edit (blur dkk nya) dapat dilakukan di aplikasi sejenis PhotoGrid.

Foto di atas ini kurang cahaya, karna saya fotonya pas malam hari (menggunakan cahaya lampu rumah). Bisa dibandingkan hasil fotonya jika menggunakan sinar matahari langsung, hasilnya lebih cakep 👍🏻

6. Tambahkan hiasan pendukung seperlunya, seperti serbet yang lucu, daun atau buah, minuman, bahan-bahan makanan yang digunakan dalam memasak, dll.

Menurut saya, food photography ini bisa dipelajari secara otodidak. Caranya? Dengan sering berlatih dan melihat hasil potret orang-orang (terlebih dari sang ahli).

Nah, cukup sekian dari saya. Sekarang giliranmu untuk praktek. Kalo sudah, share ya foto makananmu 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *