Tuang Cerita

Secangkir Hangat Cerita Ibu Muda

Mudahnya Mengelola Keuangan dengan Aplikasi HP

Mudahnya Mengelola Keuangan dengan Aplikasi HP

Setiap habis gajian, rasanya pasti seneeeng banget.. Dunia jadi berasa milik kita, rasanya semua pasti bisa kita beli. Tapi kalo udah tanggal tua, beli bawang setengah kilo aja berasa berat, mending beli lebih sedikit 3ribuan hahaa 😂 (dasar emak-emak).

Nah, kalo kayak gitu, biasanya itu adalah tanda-tanda keuangan kita belum ter-manage/ terkelola dengan baik (padahal seorang ibu itu adalah menteri keuangan keluarga). Emang gimana sih cara mengelola uang yang baik? Pencatatan! Catat setiap pengeluaran dan pemasukan.

Aktivitas mencatat ini menjadi sangat penting untuk dilakukan secara konsisten. Why?? Karna dengan mencatat, kita dapat melihat dimana pos pengeluaran terbesar kita (yang mana ini bisa menjadi evaluasi, apakah itu cukup atau berlebih). Dari situ, kita bisa bikin budgeting untuk bulan depannya.

Tapiii..seringnya kita lupa jika harus mencatat di komputer atau buku. Akan berbeda jika proses pencatatan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja (yaitu dengan menggunakan aplikasi di HP), besar kemungkinan kita akan lebih rajin untuk mencatat (semoga, aamiin 😊).

Saya sudah mencoba beberapa aplikasi keuangan di HP, dan pilihan saya jatuh padaaaa…

Ini dia…. Money Manager Expense & Budget

Karena menurut saya aplikasi ini menyediakan fitur yang lebih lengkap tapi tetap praktis/ simple. Mau tau apa aja? Yuk kita cek satu-satu.

  • Tampilan awalnya langsung data harian income dan outcome kita, plus tombol untuk menambah data. Kurang lebih seperti ini.

  • Ada password nya, untuk menjaga privacy kita. Ini tampilannya

  • Ada fitur overview untuk melihat total income dan outcome kita setiap harinya

  • Terdapat fitur statistik (diagram lingkaran) yang menunjukkan pos pengeluaran terbesar ada dimana (di bahan makanan kah, atau di jajan, pakaian, atau yang lainnya).

  • Dapat setting sendiri untuk kategori pengeluaran nya apa saja. Bisa transportasi, pengembangan diri, kesehatan, dll. Trus di tiap kategori itu bisa dibuat subkategori lagi.. Misal di transportasi, bisa ditambahkan subkategori gojek, servis motor, e-toll, dll. Di kategori kesehatan, bisa ditambahkan subkategori obat/supplemen, biaya RS, dan lain-lain. Ini contoh kategori pengeluaran yang saya buat :

  • Terdapat fitur utk simpan di Google-Drive untuk menyimpan semua catatan keuangan kita. Sehingga jika suatu saat HP kita hilang, kita bisa mengambil data-data sebelumnya dari GDrive.
  • Ini yang termasuk penting. Ada fitur untuk budgetting per bulan nya berapa (misal untuk makanan dibudget 1,5juta). Nah kita bisa pantau dari situ, apakah kita sudah sesuai anggaran bulanan atau malah over?

  • Ada fitur pengulangan untuk income dan outcome (bisa di setting apakah diulang setiap bulan atau setiap minggu atau setiap tanggal tertentu). Sehingga setiap bulan aplikasi akan secara otomatis mencatat transaksi pengeluaran atau pemasukan itu. Contohnya seperti ini.

Nah, itu sedikit gambaran aplikasi pengelolaan keuangan yang saya gunakan. Kalo kamu, menggunakan apa? Boleh dong di-share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *